Camping dengan Keluarga

Camping dengan keluarga akhir-akhir menjadi trend,dimana satu keluarga menghabiskan waktunya untuk bersantai dan menikmati pesona alam.Sama seperti rekreasi lainnya,biasanya waktu yang diambil saat weekend atau hari libur nasional.

Salah satu keluarga saat ditemui mengatakan jika mereka menjadi semakin erat tautan emosi antar anggota saat camping bersama-sama.Jika biasanya di rumah tugas keluarga di dominasi perempuan(ibu),maka saat camping posisi itu semakin tergeser,karena semua harus saling bahu-membahu.


Tempat yang biasanya menjadi tempat camping keluarga adalah pantai,kaki gunung areal camping ground,tepi sungai atau desa-desa di dataran tinggi.Bahkan ada yang sampai menembus rimbunnya hutan meski mengajak anak-anak mereka yang masih kecil.

Camping dengan Keluarga memang memiliki sisi positif yang terasa nyata,namun disisi lain ada beberapa hal yang harus menjadi perhatikan.Apa saja yang harus di perhatikan?

1.Perbekalan Makanan
Sebisa mungkin perbekalan makanan harus mencukupi,kalau bisa ada cadangan beberapa hari kedepan untuk menghindari kemungkinan terburuk.

2.Peralatan dan Perlengkapan
Jumlah anggota yang ikut,jika semakin banyak turut andil dalam menentukan kuantitas peralatan dan perlengkapan yang dibawa.Perhatikan peralatan si kecil,apakah pakaian yang di bawa mencukupi dan jika malam dia tidak rewel oleh faktor kedinginan.
Sebagai Ayah yang juga leader perjalanan,setidaknya harus memahami kondisi medan,apakah disana keadaannya tidak membahayakan untuk keluarga.So,benar-benar di butuhkan kematangan untuk memutuskan camping bersama keluarga.

3.Kemampuan memanage dan mengkoordinir
Karena camping bersama keluarga di lakukan lebih dari 1 personel,maka perlu pengkoordiniran mengenai tugas-tugas apa saja yang di lakukan.Tidak benar,jika semua hal di kerjakan oleh sang Ayah,karena akan memberatkannya.Jika Anda seorang Ayah,jangan takut untuk memerintahkan si kecil ikut mendirikan tenda,karena dengan camping Anda bisa mengajarkan arti kerjasama.
Seorang Ayah juga perlu membicarakan kepada semua anggota,bagaimana memanage waktu nanti di gunakan untuk apa saja,bagaimana memanage perbekalan,hari ini mau masak apa dan sebagainya.

Jika 3 hal ini Anda perhatikan,selanjutnya nikmati waktu santai Anda hidup di tengah pesona alam.
Foto by chufu72

0 komentar:

Posting Komentar